-->

dasar menjadi seorang peretas


peretas ( hacker ) yaitu orang yang ingin mempelajari lebih dalam tentang system kerja jaringan komputer. peretas di bagi 3 yaitu grey hat , black hat , dan white hat.

pertama kita harus mengenal terlebih dahulu siapa sih peretas itu , peretas lebih dikenal dengan sebutan hacker, pada umumnya peretas yang masih awam sering mempamerkan identitasnya, namun ada ratusan, ribuan, bahkan ratusan ribu peretas yang ada di internet.

lalu dasar apa yang menjadikan mereka menjadi seorang peretas. kalian belum di anggap hacker jika belum termasuk dalam kategori di bawah ini :

1. menguasai jaringan komputermu sendiri
seorang peretas harus menguasai komputernya sendiri, setiap peretas harus mampu memperbaiki komputernya sendiri. setiap peretas harus paham dengan isi dari komputer yang dia pakai, apakah harus komputer ? tentu tidak.  ponsel , laptop , jaringan internet , ataupun server harus dalam kendalinya.
 peretas harus bisa memperbiki systemnya sendiri, jika terjadi kerusakan maka ia harus memperbaikinya sendiri. kesimpulanya ia harus mengusai perangkat yang ia pakai itu dan dia harus tau apa yang harus dia lakukan jika terjadi masalah.

2. paham secara mendalam tentang jaringan internet
peretas harus paham dengan jaringan internet dan seluk beluk internet. peretas juga harus menguasai jaringan internet. jaringan internet itu luas tidak hanya google, yahoo, bing, ataupun media sosial.
ada banyak sisi gelap internet yang tidak kamu ketahui, seperti area bawah tanah.
Apa itu area bawah tanah ?
orang awam menyebutnya deeb web , dark web , dark net , deeb net , ataupun lainya. namun mereka tidak tau apa sih deeb web itu, apasih dark net itu. yang mereka tau deeb web tempat untuk para hacker. kami membantah soal hal itu, deeb web bukan hanya tempat berkumpulnya para peretas, namun beberapaa situs pembunuh bayaran, jual beli senjata ilegan, situs rahasia pemerintah ataupun suatu badan tertentu juga ada di sana. deeb web itu luas, semakin kebawah semakin sulit untuk di akses. banyak peretas awal yang sering keluar masuk deeb web hanya bermodalkan VPN dan browser tertentu. mereka tidak tau secara mendalam tentang deeb web, dan mungkin saja mereka tidak tau bahaya dari deeb web itu sendiri.

3. menguasai bahasa pemrograman
Arti dari menguasai bahasa pemrograman adalah memahami secara mendalam tentang bahasa pemrograman. memahami dan menguasai beda dengan mengenal. jika hanya mengenal saja dan tau namanya saja maka kalian belum paham secara mendalam arti bahasa pemrograman itu.

lebih jelasnya tentang bahasa pemrograman, silahkan baca di sini

Arti dari memahami dan menguasai  bahasa pemrograman itu apa sih ?  kalian paham secara mendalam tentang bahasa pemrograman, paham struktur kodenya dan menguasai secara penuh bahasa pemrograman itu.
ada banyak bahasa pemrograman saran saya adalah bahasa python , bahasa php. kalian juga harus mengenal bagaimana bahasa pemrograman itu di ciptakan.

4. paham tentang peretasan secara mendalam
Arti paham peretasan secara mendalam itu apa sih ?  kalian bukan hanya mengenal tapi paham secara mendalam. maksudnya gimana ? misal kalian memiliki skill cross site scripting ( xss ), namun kalian tidak tau betul tentang xss itu, kalian tidak tau cara kerja xss secara mendalam, mengapa xss itu dikatakan sebagai bug, kenapa xss itu bisa muncul, bagaimana cara memperbaiki bug xss.

kuasai satu materi secara mendalam jangan terlalu gugup dan loncat ke materi berikutnya. ada banyak teknik hacking yang di gunakan para peretas. kalian bisa lihat di sini 

5. memiliki etika dan sikap yang baik
jika kalian begabung di salah satu komunitas peretas ( hacker ), kalian harus mentaati aturan dari komunitas tersebut. seperti pemalang hacker link kami juga memiliki aturan sendiri .bersikaplah dewasa, hargai system yang kali retas, karena yang kalian retas itu bukan milik kalian.

tidak mengumbar identitas di media sosial. baca : seberapa penting identitas seorang peretas 
sikap kalian mempengaruhi reputasi kalian, jangan bersikap seperti anak kecil, jangan tertawa diatas penderitaan orang lain.

kalian bukan hacker jika hanya mengaku saja. kalian bukan hacker jika hanya mampu meretas satu system saja. kalian bukan hacker jika hanya bermodalkan tools dari orang lain.

internet itu luas gunakan internet dengan bijak, internet juga punya hukum. kalian tidak berhak untuk merusak system orang lain.




0 Response to "dasar menjadi seorang peretas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel