-->

Faktor-Faktor Yang Mendasari Interaksi Sosial

Manusia adalah makhluk sosial, sehingga dalam menjalankan peran sosialkan akan melakukan kegiatan yang namanya interaksi sosial. Berikut ini akan saya jelaskan tentang Faktor-Faktor Yang Mendasari Interaksi Sosial :
a. Sugesti (Suggestion)
Pengertian Sugesti adalah suatu sikap atau tindakan seseorang yang mempengaruhi psikis atau pikiran dari orang lain sehingga orang lain akan mengikutinya.
Contoh Sugesti adalah, Seorang guru yang memiliki sikap dan tindakan yang baik maka akan mensugesti dan mempengaruhi anak didiknya untuk melakukan hal serupa yang dilakukan oleh gurunya. Begitupun sebaliknya apabila seorang guru memiliki sikap dan tindakan yang tidak terpuji bisa saja ditiru oleh anak didiknya. Sugesti sangat besar pengaruhnya terhadap kejiwaan seseorang, contoh lain misalnya seorang pasien yang merasa cepat sembuh jika berobat ke dokter A dibandingkan dokter B meskipun obat yang diberikan sama.
b. Motivasi (Motivation)
Pengertian Motivasi adalah suatu dorongan emosional yang dilalukan seseorang kepada orang lain yang mempengaruhi kejiwaan orang lain sehingga orang lain akan melakukan tindakan atau tujuan yang dimotivasikan.
Contoh Motivasi adalah, seorang ayah memotivasi anaknya untuk belajar lebih giat ketika anaknya mendapatkan nilai yang buruk dalam pelajaran.
c. Imitasi (Imitation)
Pengertian Imitasi adalah suatu sikap atau tindakan seseorang yang meniru sikap atau tindakan dari orang lain. Imitasi dalam interaksi sosial ini biasanya dilakukan oleh seseorang kepada idolanya dengan meniru sikap, perilaku, gaya berpakaian dan lain-lain.
Contoh Imitasi adalah, Seseorang yang mengidolai artis A maka dia akan melakukan tindakan serupa dengan artis yang ditirunya. Hati-hatinya dalam melakukan imitasi, jangan sampai melakukan imitasi dalam hal negatif.
d. Identifikasi (Identification)
Pengertian Identifikasi adalah suatu sikap atau tindakan seseorang untuk menjadi sama dengan orang yang ditiru.
Contoh Identifikasi adalah, seorang anak yang bersikap dan berperilaku sama dengan ayahnya. Ayahnya gemar membaca maka anaknya bersikap sama dengan gemar membaca dan lain-lain.
e. Simpati (Sympathy)
Pengertian Simpati adalah suatu sikap atau perasaan dan tindakan seseorang yang tertarik oleh sikap atau tindakan dari orang lain.
Contoh Simpati adalah, sikap menyayangi antar teman karena teman berperilaku mengesankan sehingga timbul perasaan menyukai.
Cukup sekian tulisan saya tentang Faktor-Faktor Yang Mendasari Interaksi Sosial...Semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 Response to "Faktor-Faktor Yang Mendasari Interaksi Sosial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel