-->

Pengertian Ekosistem Dan Faktor Yang Mengganggu Ekosistem

Pengertian Ekosistem adalah hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Keseimbangan ekosistem mutlak terjaga agar hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan tidak terganggu.
Meskipun manusia mengerti betul tentang pentingnya menjaga ekosistem, namun masih sering kita dengar dan lihat kegiatan manusia yang mengganggu keseimbangan ekosistem. Manusia harus bertahan hidup, manusia harus memenuhi kebutuhannya namun apabila semua kebutuhan ini diikuti oleh sikap dan tindakan tamak maka yang terjadi adalah pengrusakan alam yang dapat mengganggu ekosistem.
Berikut ini adalah faktor yang mengganggu ekosistem :
1. Pembalakan Hutan
Kayu merupakan salah satu produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi di jaman sekarang ini sehingga banyak manusia yang tergiur untuk mendapatkan untung dari kayu ini. Namun sayang banyak tindakan salah yang lakukan yaitu dengan melakukan pembalakan liar secara membabi buta. Istilahnya aja babi...lha wong nggak buta aja nabrak apalagi kalo buta ya....! Illegal Logging sangat marak dan sulit diatasi karena pelakunya sangat lihai memainkannya... lihai kok nyolong, waduh...waduh....! Apabila penebangan kayu dari hutan ini dilakukan secara serampangan dan membabi buta hanya memikirkan keuntungan pasti ekosistem akan terganggu. Sebetulnya kita sendiri akan rugi kok jika ekosistem disekitar kita ini terganggu, sering kita dengar kan tanah longsor, banjir bandang, serangan gajah dan lain-lain dikarenakan habisnya hutan.
2. Penggunaan Bahan Kimia
Saya masih merasakan jaman dimana sangat mudah sekali mendapatkan udang dan ikan di sungai. Setiap kita membuka batu maka dibaliknya pasti ada udangnya, setiap kita lempar pancing pasti ikan akan nyangkut. Itu dulu...kalo sekarang kita nyoba mancing disungai, seharian cacing satu nggak bakalan habis, solanya nggak ada ikannya siapa yang mau makan cacing....! Penggunaan bahan kimia untuk menangkap ikan di sungai itulah awal sebab hilangnya ikan di sungai-sungai saat ini. Siapa yang rugi dengan keadaan ini...? Seandainya saja sampai saat ini ekosistem sungai masih terjaga, pasti sangat mudah bagi kita untuk memenuhi kebutuhan lauk dan gizi, tinggal pancing aja di sungai sudah beres. Nggak bakalan ada dech terjadi kasus anak-anak kurang gizi.
3. Limbah Industri dan Limbah Rumah Tangga
Limbah merupakan salah satu sebab terganggunya ekosistem, nggak percaya...? Coba aja lihat di sungai, di danau, di laut atau pantai tempat limbah pabrik berada, dijamin gak ada kehidupan didalamnya. Coba aja lihat sawah disekitar pabrik-pabrik, masih subur nggak...? Coba anda lihat Sungai Ciliwung, masih ada ikannya nggak...? Kegiatan ekonomi memang penting namun seyogyanya pelaku ekonomi harus bijak dalam pengelolaan limbah,baik itu limbah industri maupun rumah tangga, jangan hanya ngejar untung tapi lingkungan menjadi rusak.
4. Perusakan Terumbu Karang
Anda pernah dengar kan tentang rusaknya terumbu karang akibat penggunaan bom dalam menangkap ikan...? Sesaat memang untung besar karena hasil tangkapan menjadi berlipat-lipat. Tapi akibat pengrusakan terumbu karang, pasti akan sulit mencari ikan dilaut. Gigit jari luuuu....!
5. Perburuan hewan
Saya pernah melihat sendiri serangan belalang yang menghabiskan tanaman jagung di kota kelahiran saya tepatnya di Kabupaten Blora. Ngeri melihat ribuan mungkin jutaan belalang meraja lela menghabiskan daun-daun jagung disawah. Nggak ada satupun burung pemakan serangga hadir berpesta karena makanan banyak. Gimana mo pesta dengan banyaknya belalang, lha burung-burung sedang mringis meratapi nasibnya terpenjara berada dikota untuk diperjual belikan. Perburuan-perburuan yang tak terkendali inilah yang menyebabkan ekosistem di alam terganggu, sadar...sadar...sadar....!
Cukup sekianlah ocehan saya tentang Pengertian Ekosistem Dan Faktor Yang Mengganggu Ekosistem, terima kasih...!

0 Response to "Pengertian Ekosistem Dan Faktor Yang Mengganggu Ekosistem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel