-->

Dampak Negatif dari Kemajuan Teknologi di Kehidupan Sosial


Dampak Negatif dari Kemajuan Teknologi di Kehidupan Sosial - Seiring berjalannya waktu perkembangan teknologi dari masa ke masa mengalami kemajuan yang semakin pesat, tak terkecuali teknologi pada bidang informasi dan komunikasi yang tentunya memiliki manfaat bagi peradaban manusia saat ini.

Namun dibalik dari segala manfaat yang diproleh dari kemajuan teknologi informasi & komunikasi ini terselip pula dampak negatif bagi kehidupan sosial masyarakat.

Kemajuan teknologi informasi & komunikasi yang seharusnya dapat menjadi media untuk mempererat hubungan sosial malah menjadi faktor penghambat sosial.

Tak jarang kita temui dijalan-jalan, dimall, ditempat kerja bahkan disekolah-sekolah semua sibuk dengan ponselnya masing2 dan tak memperdulikan apa yang ada disekitarnya.

Ya seolah dunia ini hanya miliknya dan ponselnya saja, dan sudah jarang pula kita temui saat ini anak-anak yang bermain tertawa bercanda bersama-sama, karna anak-anak zaman sekarang ini mainannya yang online2 itu, tak seperti yang kita temui pada anak2 tahun 2010 kebawah yang bermain berlari senang riang gembira bersama-sama.

Sudah jarang pula saat ini kita temui anak-anak yang bermain memainkan permainan tradisional yang dulu sangat digemari oleh anak2 tahun 2000an kebawah yang kini mulai terlupakan.

Jika terus-menerus berlangsung seperti itu maka tidak menutup kemungkinan permainan tradisional lama-kelamaan akan hilang dan punah termakan waktu.

Selain efek negatif bagi anak2 diatas, masih banyak lagi dampak negatif yang timbul dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi disamping dari segala manfaat dan kegunaannya, salah1nya adalah maraknya penyebaran HOAX atau kabar bohong.

Ya hoax/kabar bohong ini seolah menjadi rudal penghancur dan ancaman besar bagi persatuan dan kesatuan bangsa kita saat ini, karna hoax kita teradu domba, karna hoax kita terprovokasi dan karna hoax kita terpecah belah.

Jika terus menerus dibiarkan hoax bertebaran dimana-mana maka tentu akan dapat menimbulkan konflik diantara masyarakat yang akan berimbas pada hancurnya persatuan dan kesatuan bangsa yang telah dibangun dengan susah payah sejak dulu oleh para pahlawan dan pejuang negri bhineka tunggal ika kita ini.

Tentu kita semua tak ingin itu benar-benar terjadi, maka dari itu mari mulai dari sekarang kita bijak dalam menggunakan/memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi ini untuk sesuatu hal yang positif dan bermanfaat bagi diri sendiri ataupun oranglain.
Dan pesan saya untuk para orangtua jika memang anak belum cukup umur tak perlulah diberikan sesuatu apa yg seharusnya memang blm saatnya dimiliki oleh anak-anak walaupun menurut kalian itu demi membahagiakannya karna ketahuilah mungkin saja itu akan menimbulkan efek negatif bagi tumbuh dan berkembangnya anak anda.

Semoga kita semua termasuk orang-orang yang sudah bijak dalam memanfaatkan kemajuan teknologi ini dan saya mohon maaf apabila banyak kata-kata yang tidak sesuai atau kurang kalian mengerti, karna saya hanya ingin menyampaikan apa yang saya pikirkan dan yang saya lihat disekitar saya..

0 Response to "Dampak Negatif dari Kemajuan Teknologi di Kehidupan Sosial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel