-->

Bangkit & Runtuhnya Khilafah Utsmaniyah, Dr. Ali Muhammad Ash Shallabi


Bangkit & Runtuhnya Khilafah Utsmaniyah, Dr. Ali Muhammad Ash Shallabi - Pengusiran Muslim dari Spanyol dimulai akhir abad ke 15. Pada awalnya jihad melawan Spanyol & Portugis dilakukan sporadis hingga muncul 2 komandan bersaudara Khairuddin & Uruj Barbarossa.

Para sejarawan Nasrani berusaha merusak reputasi nama jihad di Laut Tengah itu dengan menyifatinya sebagai aksi perompak & menanamkan keraguan tentang eksistensi Barbarossa.

Uruj & Khairuddin, keduanya muslim. Ibunya yang bangsawan Andalusia berpengaruh kuat pada anaknya dalam memperjuangkan nasib muslim di Andalusia yang menderita karena kekejaman Kerajaan Nasrani Spanyol & Portugis.

Barbarossa terlatih perang di laut sejak remaja. Tahun 1510 dalam pertempuran di laut Arkhabil & Masqat, mereka mampu meraih kemenangan-kemenangan atas perompak2 Nasrani.

Tahun 1517, Uruj terbunuh dalam pengepungan kota Tilmisan yang dikuasai antek Spanyol. 2 tahun kemudian rakyat Aljazair yang telah mengangkat Khairuddin sebagai pemimpin, mengirim surat kepada Sultan Salim I untuk meminta bantuan militer menghadapi Kaum Kristen, sekaligus pernyataan loyalitas terhadap Khalifah.

Sebagai responnya, Khalifah mengirimkan meriam, 2000 elit Inkisaria dan mengangkat Khairuddin sebagai komandan tertinggi pasukan bersenjata di Aljazair, mewakili Sultan.

Pada masa Sulaiman Al Qanuni 1529 M, Khalifah mengirim 36 kapal perang untuk Khairuddin dalam 7 ekspedisi ke Spanyol untuk menggempur pasukan negara itu di Laut Tengah.

Khairuddin dipanggil Sultan Sulaiman ke Turki untuk menceritakan kepadanya kondisi laut dan Spanyol tahun 1533. Sultan berambisi mengembalikan Andalusia ke pangkuan Islam, meski ia urung pergi karena sedang gencar perang menumpas Syi'ah Safawiyah di Persia.

Khairuddin kembali ke Afrika Utara dan memimpin pertahanan melawan Charles Quint yang ingin menguasai Tunis. Kaum muslim kalah telak melawan 500 kapal yang Charles bawa.

Khairuddin bertanggungjawab membalas serangan Charles V. Serangannya ke Baleares & kapal2 Portugis & Spanyol yang datang dari Amerika membawa emas mengguncang Charles & masyarakat Nasrani disana

0 Response to "Bangkit & Runtuhnya Khilafah Utsmaniyah, Dr. Ali Muhammad Ash Shallabi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel