-->

Apa Itu Existential Crisis? Berikut Penjelasan Lengkapnya!


Apa Itu  Existential Crisis? Berikut Penjelasan Lengkapnya! - Pernah gak sih pas mau tidur tiba-tiba kepikiran pertanyaan aneh seperti "kenapa gua hidup" , "apa alesan gua hidup", "kenapa gua ada", "apakah orang lain npc", "untuk apa gua hidup", etc ?

Ya pertanyaan aneh ini sering muncul ketika kita mengalami Existential Crisis (krisis keberadaan).

Krisis keberadaan sendiri adalah sebuah kondisi dimana kesadaran kita mempertanyakan keberadaan dirinya. saat mengalami Existential Crisis manusia akan tertelan dalam pikirannya sendiri. Semua motivasi, tujuan , nilai2 dalam diri manusia, kepercayaan dll serasa menghilang dari diri kita. Dan pada satu titik kita mungkin mempertanyakan sesuatu yang lebih aneh yaitu " Apakah Kita Cuman Sebuah Ilusi "

Ok stop gua gak akan bahas lebih lanjut lagi tentang Existential Crisis, Tapi gua mau bahas tentang "Self Consciousness" (kesadaran diri) yang membuat kita mempertanyakan hal aneh ini.

Jika kita ditanya apa itu kesadaran diri, kita tau betul apa itu kesadaran diri, tapi kita tidak tahu bagaiman cara menjelaskannya.

Bahkan para scientist dan filosfer pun kesulitan dalam memahami konsep kesadaran ini. Para scientist dan filosfis terus berdebat tentang dari mana datang nya kesadaran itu sendiri, Apakah kesadaran datang dari otak atau merupakan hal terpisah dari tubuh kita ini. dengan kata lain tubuh kita hanya sebuah wadah ?

lalu dari mana datangnya kesadaran diri itu ? ? ? ?

Kesadaraan diri sendiri berawal dari 3.5 milyar tahun yang lalu dimana organisme bersel 1 hidup, yang merupakan cikal bakal dari seluruh kehidupan yang ada di bumi.

Kesadaran pertama di bumi yang dimiliki organisme bersel 1 ini adalah kesadaran untuk mencari makanan.
Ya makanan, seluruh makhluk hidup pasti membutuhkan energi dan energi didapat dari makanan.

Dari sini proses evolusi berperan penting dalam proses berkembangnya kesadaran yang tadinya simple menjadi kesadaran yang lebih kompleks.

Dari kesadaran mencari makanan kesadaran berovolusi menjadi sesuatu yang lebih kompleks seperti membedakan makanan(mangsa) dan bukan makanan(predator)

Lalu berkemabang menjadi kesadaran dengan keadaan sekitar atau dengan kata lain indra. merasakan panas, melihat, mendengar, penciuman dll

Berkembang menjadi kesadaran memori. Ingatan menjadi salah satu kunci penting makhluk hidup. dengan adanya ingatan makhluk hdup bisa melakukan banyak hal lebih efisien. contohya mengingat tempat dimana adanya makanan, mengingat tempat berbahaya dll

Berevolusi lagi menjadi kesadaran waktu. Dengan memilik kesdaran waktu makhluk hidup tahu untuk waktu untuk beristirahat, waktu menghindar dari predator, waktu mencari mangsa dll

Dan tahap paling akhir adalah berevolusi menjadi kesadaran membaca pikiran.

Ya membaca pikirian evolusi tertinggi kesadaran dari makhluk hidup di bumi . hanya beberapa makhluk hidup di bumi bisa sammpai pada tahap ini. karena dengan membaca pikiran makhluk hidup bisa bekerja satu sama lain, bisa memahami satu sama lain, dll

Dengan membaca pikiran makhluk hidup dapat membuat Kehidupan Sosial lebih kompleks, yaitu bahasa. tepuk tangan untuk manusia yang memilik kemampuan bahasa karena telah mendapat kunci dominasi dunia. dengan adanya bahasa kita dapat membuat kehidupan sosial seperti ini (para sejarawan pasti tahu maksud gua)

So sudah tahu kan kesadaran kamu berawal dari mana ? kesadaran kamu adalah proses evolusi panjang dari kesadaran simple mencari makanan menjadi sebuah kesadaran yang sangat kompleks yang bisa mempertanyakan alasan kenapa kita ada :v

----tambahan

Kesadaran manusia lebih rumit jika kalian mempelajarinya. seperti kamu megang bulan di permukaan air.

Kesdaran sendiri terdiri dari kesadaran Automatis dan Manual.

Contoh sederhana saja, apakah kamu sadar saat ini sedang bernafas ? tentu saja tidak :v tapi setelah ini kamu membaca ini kesadaran bernafas kamu menjadi manual. :v

Lalu siapa yang menggerakan otot mu untuk bernafas saat mode auto ?

Tubuh manusia ini terlalu banyak kesadaran Automatis yang berjalan tanpa sepengetahuan dirimu, apakah kamu sadar ?

Lalu kesadaran siapa yang menggerakan seluruh tubuh mu ?

Sebenarnya kamu itu apa ?

Apakah kamu itu benar2 ada ?

Apakah kamu itu kamu ?

0 Response to "Apa Itu Existential Crisis? Berikut Penjelasan Lengkapnya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel