-->

Negara-Negara Bagian yang Ada di Australia



Negara-Negara Bagian yang Ada di Australia - Pasti kalian tahu negara tetangga kita australia 🇦🇺 , negara yang punya benua sendiri. Akan tetapi Australia yang sebenarnya jauh lebih besar dari itu. Wilayah Australia ini disebut "overseas territory" atau bisa disebut persemakmuran, tapi berbeda dengan persemakmuran Inggris yang bisa disebut sebagai Negara sehingga menjadi anggota PBB, wilayah milik Australia ini penduduknya terlalu kecil atau tidak ada sama sekali. Semua wilayah ini adalah pemberian negara induknya Britania Raya

1. Australian Antarctic Territory 


Australia memiliki klaim atas benua antartika, wilayah ini ditransfer dari Inggris ke Australia pada tahun 1933. Hanya empat negara yang mengakui klaim ini (Selandia Baru, Britania Raya, Perancis, dan Norwegia). Menurut PBB, benua antartika adalah kondominium, artinya semua negara berhak memiliki benua ini sehingga semua klaim tidak akan diakui. Artinya jika Indonesia ingin membangun rumah penelitian di wilayah ini, tidak boleh ada yg melarang. Australia memerintah wilayah ini lewat Departemen Lingkungan dan memiliki penduduk kurang dari 1000 orang, kebanyakan adalah ilmuwan, itupun tidak permanen.

2. Coral Sea Islands


Kepulauan koral adalah kepulauan kecil di terumbu karang terbesar di dunia, Great Barrier Reef, wilayah ini tidak berpenghuni, kalau dihuni itupun oleh ilmuwan.

3.Ashmore and Cartier Islands


Adalah klaim Australia yang paling kontroversial, Indonesia menyebut wilayah ini Pulau Pasir atau Nusa Kolokaek, pulau tak berpenghuni ini sering dikunjungi nelayan dari pulau Rote NTT. Pulau ini ditemukan Inggris tahun 1800, kemudian diberikan ke Australia tahun 1930an, pada tahun 1974 Indonesia dan Australia menetapkan Memorandum of Understanding supaya nelayan Indonesia bisa mengunjungi wilayah ini. Berbeda dengan pulau sipadan dan ligitan, Indonesia tidak mempermasalahkan klaim Australia ini.

4. Norfolk Island


adalah pulau kecil berpenduduk kurang dari 2000 orang dengan ibukota di Burnt Pines, pulau ini digunakan oleh Inggris untuk membuang kriminal, kemudian tahun 1856 penduduk pulau pitcairn pindah ke pulau ini, penduduk pulau ini menganggap bahwa mereka memiliki identitas dan budaya yang berbeda dari orang Australia karena mereka campuran orang kulit putih dan orang polinesia. Pulau ini terkenal dengan fauna dan floranya, terutama pohon pinus norfolk yang dicantumkan pada bendera mereka.

5. Pulau Cocos (Keeling) 


Adalah pulau di dekat sumatra yang dihuni berbagai bangsa dari Indonesia dan Malaysia seperti Sumatra, Bali, Batavia, Madura, Sulawesi, Maluku, Malaka, dll. Bangsa-bangsa ini dijadikan Inggris sebagai pekerja untuk memanen kelapa dan kopra. Bahasa yang dipakai adalah bahasa campuran turunan bahasa melayu dan mereka beragama islam. Sebagian besar warganya sudah pindah ke Malaysia, sekarang tersisa 500 orang.

6. Christmas Island 


Pulau Christmas atau pulau natal adalah pulau diselatan Jawa, sehingga banyak orang Indonesia yang menganggapnya kelalaian pemerintah yg membuatnya jatuh ketangan Australia, faktanya Belanda tidak pernah menguasai pulau ini sehingga diklaim Inggris dan kemudian Australia. Pulau ini berpenghuni 2000an orang. Suku bangsa di pulau ini adalah orang tionghoa, eropa, dan melayu. Karena suku bangsa yang beragam, penduduk pulau ini juga memiliki keberagaman agama. Pulau ini memiliki keanekaragaman flora dan fauna, yang paling terkenal adalah jutaan kepiting merah yang tiap tahunnya bermigrasi kelaut untuk bertelur.

7. Heard and McDonald Island


Adalah pulau tak berpenghuni yang ditutupi es, ditemukan tahun 1850 dan satu-satunya gunung berapi aktif yang dimiliki Australia, gunung Mawson adalah gunung tertinggi di seluruh Australia. Pulau ini dihuni tumbuhan seperti lumut dan alga, burung laut, ikan, dan anjing laut sering singgah di pulau yang sangat terisolasi ini. Sejak jaman dahulu pulau ini disinggahi petualang, pencari ikan, dan ilmuwan. Pulau ini tidak dianggap bagian dari Antartika sehingga Australia boleh mempertahankan klaimnya.

0 Response to "Negara-Negara Bagian yang Ada di Australia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel