-->

Mahasiswi yang Berbakti Kepada Nusa dan Bangsa

Mahasiswi yang Berbakti Kepada Nusa dan Bangsa ditulis oleh : Fida Aryani 
Berbakti kepada Nusa dan Bangsa adalah perasaan yang timbul dari diri seseorang berupa rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati pada nusa dan bangsa yang tercermin dari perilaku menjaga dan melindungi nusa dan bangsa, rela berkorban demi nusa dan bangsa, mencintai adat atau budaya yang ada di negaranya dengan melestarikannya serta melestarikan alam dan lingkangan.
Sebagai seorang mahasiswi, cara saya untuk menunjukkan sikap berbakti kepada nusa dan bangsa yaitu di antaranya:
1. Belajar dengan tekun hingga kita juga dapat ikut mengabdi dan membangun nusa dan bangsa kita agar tidak ketinggalan dari bangsa lain.
2. Menjaga kelestarian lingkungan.
3. Tidak memilih-milih teman.
4. Berbakti kepada orang tua (Bapak, Ibu, Dosen).
5. Menyumbangkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki untuk membangun nusa dan bangsa.
6. Aktif di organisasi kampus.
7. Bangga menjadi Bangsa Indonesia.
Dan sebagai genarasi muda yang akan meneruskan cita-cita bangsa, sikap berbakti kepada nusa dan bangsa itu sangat diperlukan. Misalnya saja dengan semangat persatuan dan kesatuan. Semangat persatuan dan kesatuan harus diperkukuh melalui berbagai kegiatan, baik yang bersifat lokal, kedaerahan, nasional maupun internasional.
Selain itu, sebagai mahasiswi yang cinta akan negaranya kita juga harus bisa meningkatkan sikap berbakti kepada nusa dan bangsa, dengan cara:
1. Menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan.
2. Menghormati upacara bendera.
3. Menghormati simbol-simbol Negara, seperti: lambang burung garuda, bendera merah-putih, lagu kebangsaan Indonesia Raya.
4. Mencintai dan menggunakan produk dalam negeri.
5. Ikut serta mengharumkan nama Bangsa dan Negara Republik Indonesia di kancah Internasional.
6. Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
Menurut saya, sikap berbakti kepada nusa dan bangsa harus ditanamkan kepada anak sejak usia dini agar menjadi seorang manusia yang dapat menghargai bangsa dan negaranya misalnya dengan upacara sederhana setiap hari senin dengan menghormati bendera merah putih, menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengucapkan Pancasila.
Sikap berbakti kepada nusa dan bangsa itu sangat penting, maka dari itu kita harus selalu menanamkan sikap berbakti kepada nusa dan bangsa dimanapun dan kapanpun.(IA/95+).

0 Response to "Mahasiswi yang Berbakti Kepada Nusa dan Bangsa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel