-->

9 Cara efektif membasmi cicak-cicak di dinding


9 Cara efektif membasmi cicak-cicak di dinding - Hi teman-teman Gudang Share. Bagaimana puasanya lancar? Risih nggak sih kalian saat bertemu salah satu hewan melata kecil yang sering merayap di dinding? Ya siapa lagi kalau bukan cicak atau cecak. Cecak sering sekali memasuki rumah terutama menempati dinding-dinding rumah. Mengapa demikian? Seperti dalam lagunya 'cicak-cicak di dinding. Diam-diam merayap. Datang seekor nyamuk. Hap. Lalu ditangkap'. Cecak mencari tempat tinggi untuk mengincar mangsanya yaitu serangga nyamuk.

Seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya, cecak adalah salah satu hewan melata. Dimana hewan melata adalah salah satu ciri dari hewan berjenis reptile. Biasanya cecak sering merayap di dinding atau pohon. Cecak berwarna abu-abu, tetapi ada pula yang berwarna coklat kehitam-hitaman. Cecak biasanya berukuran sekitar 10 centimeter. Cecak dan tokek adalah dua hewan yang sukunya sama yaitu tergolong ke dalam suku Gekkonidae.

Benarkah kehadiran cecak berdampak buruk bagi kehidupan?

Ya, bagi sebagian orang meyakini jika cicak memiliki pengaruh buruk terhadap kehidupan. Dalam agama islam sendiri cecak merupakan salah satu hewan yang bisa dibunuh dan termasuk sunah. Karena hewan yang satu ini memiliki cerita riwayat dalam kisah perjalanan kehidupan nabi. Dalam sebuah riwayat menyebutkan “Barang siapa yang membunuh cicak sekali pukul, maka dituliskan baginya pahala seratus kebaikan. Barang siapa memukulnya lagi, maka baginya pahala yang kurang dari pahala pertama. Barang siapa memukulnya lagi, maka baginya pahala lebih kurang dari yang kedua,” (HR Muslim).

Sedangkan didalam dunia penelitian, cecak sudah pernah diteliti mengandung bakteri berbahaya yaitu Bakteri Escherichia Coli atau E Coli. Escherichia Coli telah dikenal sebagai mikroba yang berkaitan dengan keterbuangan atau keracunan makanan,bisa menyebabkan sakit perut. Tetapi walaupun demikian, menurut Prof Thimas Wood yang kami lansir dari id.shvoong, Departemen Teknik Kimia Universits Texas memiliki opini yang mengejutkan untuk bakteri ini. Menurutnya E.Coli dapat dimodifikasi secara genetik untuk menghasilkan hidrogen dengan jumlah yang berarti, bahkan dapat memproduksi sekitar 140 kali hidrogen yang diproduksi oleh proses alam. Penemuan ini dapat dipandang sebagai batu loncatan untuk ekonomi berbasis hidrogen di masa depan.

Ternyata kotoran cicak mengandung bakteri Eschericia Coli yang dapat menyebabkan sakit perut. Selain kotoran cicak, kulit dan air liur cicak pun mengandung bakteri yang dapat membahayakan kesehatan terutama untuk kehidupan di lingkungan rumah. Oleh karena itu, saya akan memberikan sedikit tips cara membasmi cicak-cicak yang biasa ada di dinding rumah.

1. Bebaskan rumah dari nyamuk dan serangga


Nyamuk adalah makanan cecak, dan cara yang ampuh menurut saya adalah memutus sedikit rantai makanan dari cecak dengan membunuh nyamuk. Jadi, kalian bisa membasmi nyamuk yang sebenarnya juga berpotensi berbahaya bagi kehidupan kita. Secara logika cecak memakan nyamuk, dan ketika cecak mengeluarkan kotorannya maka kandungan yang dibawah oleh nyamuk juga akan ada di dalam kotoran tersebut. Sehingga bisa dikatakan kotorannya berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

2. Bersihkan kolong meja


Tidak hanya di langit-langit, kolong meja maupun celah kecil di dalam rumahpun menjadi tempat favorit cicak untuk bersembunyi. Tempat sempit dan tidak terjangkau biasanya kotor dan banyak nyamuk oleh karena itu cicak senang ditempat seperti itu.

Jadi, sekarang kalian jangan malas untuk sering membersihkan bagian-bagian dalam rumah kalian termasuk kolong meja. Jangan sampai disana ada cecak atau kotorannya.

3. Memelihara kucing


Kucing, binatang lucu yang satu ini selain menggemaskan juga memiliki manfaat yang sangat membantu kita. Seperti yang kita ketahui kucing senang dengan sesuatu yang bergerak, termasuk hewan kecil seperti cicak dan kecoa.

Dengan memelihara kucing di rumah maka akan membantu menyeimbangkan populasi cicak. Hal ini dapat terjadi karena kucing senang memainkan cicak hingga kelelahan bahkan memakannya saat lapar.

4. Tutup jalan masuknya


Cecak biasanya sering bersembunyi dicelah-celah bagian kosong di atap rumah. Supaya tidak menambah jumlah cicak yang ada di dalam rumah maka kalian harus menutup jalan masuk cicak. Caranya dengan memasang kawat nyamuk di ventilasi rumah. Kalian juga bisa memasang double tape khusus untuk ditempatkan pada celah-celah kecil di antara pintu sehingga bisa menjebak cicak yang akan masuk ke dalam rumah.

5. Tutup makanan


Selain itu tips agar kalian terhindar dari penyakit yang diakibatkan dari cecak ini bisa dengan menutup makanan. Karena Cecak sangat suka dengan makanan yang tersedia di meja makan. Apalagi saat dibulan puasa seperti ini. Tutuplah makanan dengan menggunakan tudung saji agar tidak terkontaminasi oleh air liur cicak. Menyimpan makanan di dalam lemari pendingin juga bisa jadi solusi. Jangan sampai cecak bisa menjangkau makanan anda atau kotorannya bisa jatuh kedalam makanan kalian. Ngeri:v

6. Gunakan tembakau


Kalian bisa menggunakan tembakau untuk mengusir cecak. Bau tembakau yang tajam dan menyengat sangat tidak disukai cicak. Masukan tembakau ke dalam plastik dan diikat serta diberi beberapa lubang agar aromanya keluar.

Kalau kalian mau lebih praktis lagi, belilah minyak esensial berbahan tembakau dan gunakan untuk mengelap meja serta perabot rumah lainnya. Selain cicak, semut pun ikut pergi dari rumah.

7. Pasang bulu burung merak


Cara yang satu ini sulit diterapkan karena kita jarang sekali bisa mendapatkan bulu burung merak. Namun jika kalian beruntung memilikinya, pasanglah bulu tersebut di tempat yang banyak cicaknya. Corak bulu burung merak yang menyerupai mata akan menakut-nakuti cicak karena ia menganggapnya seperti burung yaitu predator yang siap memangsanya.

8. Tangkap dan buang


Jika cara diatas belum berhasil mengusir cicak dari rumah, maka lakukanlah cara manual yaitu menangkap dan membuangnya. Karena cicak merupakan binatang malam dan keluar pada malam hari, maka sebaiknya lakukanlah saat malam tiba dan jangan bersuara.

Bila cicak ada di langit-langit dan sulit dijangkau maka gunakan karet gelang untuk menjatuhkannya. Kalian juga bisa menjebaknya menggunakan gelas kaca yang telah diisi air. Untuk diketahui, cicak sulit merayap pada permukaan kaca.

9. Bunuh cicak opsi terakhir


Untuk kalian yang tidak suka atau phobia dengan keberadaan cecak di rumah. Saya menyarankan kalian bisa membunuhnya. Khususnya jika seorang muslim juga bisa menjadikan hal ini sebagai ladang pahala sesuai syarat yang telah dianjurkan.

Itulah beberapa tips dari saya yang bisa kalian coba jika terganggu dengan keberadaan cecak di dalam rumah. Sebenarnya selain memiliki dampak yang tidak baik untuk kehidupan manusia karena kotorannya bakteri, cecak juga sangat berguna untuk kehidupan seperti sebagai alat pembasmi alami nyamuk dan seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya bakteri yang dihasilkan oleh kotoran cecak sangat berguna bagi penelitian untuk di masa mendatang.

0 Response to "9 Cara efektif membasmi cicak-cicak di dinding"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel