-->

Bell's Palsy, Wajah Setengah Lumpuh




Apa itu Bell's Palsy?


Jika kalian pernah merasakan dimana kalian tak bisa menggerakan sebagian wajah kalian, seperti bibir, kelopak mata, pipi, daerah di sekitar telinga terasa sakit dan juga indra pengecap menjadi berkurang. Kemungkinan besar kalian sedang menderita Bell's Palsy 👩‍⚕️. Jadi Bell's Palsy adalah keadaan dimana sebagian wajah kita lumpuh mendadak atau melemahnya otot pada wajah.

Tentunya pada wajah terdapat banyak sekali saraf untuk mengendalikan otot-otot wajah, saraf ini terhubung ke otak melalui tulang belakang. Nah 🙂 penyebab Bell's Palsy adalah ketika ada kerusakan atau pembengkakan pada saraf yang mengakibatkan otak tak menerima sinyal untuk menggerakan otot wajah, dan kebanyakan penderita Bell's Palsy bakalan sadar kalau mereka terkena serangan tersebut selepas bangun tidur

Penyebabnya Masih Diragukan 


Hingga saat ini ternyata Bell's Palsy masih belum dapat dipastikan apa sebenarnya penyebab dari kelumpuhan mendadak ini, ada yang mengatakan seperti yang saya jabarkan diatas tadi kalau Bell's Palsy kemungkinan terjadi karena kerusakan saraf. Tapi sebagian berpendapat kalau penyakit ini kemungkinan disebabkan karena infeksi virus yang menyerang saraf wajah, dan virus apakah itu?

Virus Herpes , penyebab peradangan pada saraf yang menyebabkan kita dapat terserang melemahnya otot wajah ini.

Perawatan Penyakit Bell's Palsy 


Kalau menurut saya untuk melakukan perawatannya itu segera ke dokter dan nanti mereka akan memberikan resep obat, seperti Vitamin, Antivirus dan pereda nyeri. Dan kalian juga bisa melatih otot wajah kalian untuk bisa kembali seperti semula, agak susah memang dalam perawatannya.

Kebanyakan penderita Bell's Palsy itu akan membaik dalam kurun waktu 1-2 bulan, bahkan bisa lebih lama tergantung bagaimana mereka menanganinya. Dan untuk agar sembuh total itu pada umumnya membutuhkan waktu 6-10 bulan😰. Oh iya, ada satu obat yang mencegah penyebaran kerusakan pada saraf, yaitu adalah Prednisone atau Prednisolone. Obat ini dapat mencegah perkembangan zat dalam tubuh yang menyebabkan penyebaran infeksi.

Justru itulah saya saranin untuk pergi langsung ke dokter agar mendapatkan perawatan yang maksimal dan kalian pasti akan diberi obat / steroid semacam itu, karena saya juga dapat😅. Dan biasanya obatnya di minum 2 kali sehari selama 10 hari, tergantung dari dokternya. Jadi jangan menunda waktu untuk segera memeriksa ke dokter, karena lebih cepat lebih baik ketimbang kalian menunggu dan penyakitnya bertambah parah.

Jadi itu dia yang namanya Bell's Palsy, semoga bagi kalian yang menderita penyakit ini segera sembuh karena ada beberapa hal yang menganggu banget. Seperti mencoba tersenyum misalnya, yang keangkat tuh cuman bibir sebelahnya doang dan apalagi kalau lagi minum pakai sedotan itu susahnya minta ampun.

0 Response to "Bell's Palsy, Wajah Setengah Lumpuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel