-->

4 Cara Mengetahui Usia Fosil yang Harus Kamu Tahu!


4 Cara Mengetahui Usia Fosil yang Harus Kamu Tahu! - Bagaimana sih cara untuk menentuk usia fosil? Dan cara apa yang di pakai oleh ilmuwan? Mungkin banyak yang bertanya-tanya bagaimana seorang ilmuwan mengetahui usi fosil purbakala.

Ya saya juga penasaran dengan itu, lalu mencari-cari tahu di segala sumber cara agar mengetahuinya. Lantas saya mendapatkan 4 cara yang biasa dilakukan oleh para ilmuwan. Apa sajakah caranya?

Ada beberapa cara untuk menentukan usia fosil diantaranya :

1. Stratigrafi :Mengukur kedalaman fosil terkubur. Dengan memperhatikan lapisan batuan endapan ilmuwan dapat memperkirakan jumlah watu yang telah lewat sejak lapisan yang mengandung fosil terbentuk. Secara umum semakin dalam batuan dan fosil berada,semakin tua usia fosil.

2. Pengamatan fluktuasi medan magnet bumi : Tiap lapisan medan magnet berbeda seiring waktu, medan magnet bumi terus bergeser.

3. Perhitungan radioisotop dari batuan beku sekita fosil :Batuan-batuan beku memiliki sedikit unsur radioaktif tapi masih mampu dideteksi oleh alat yangsangat peka. dan radioaktif selalu meluruh seiring waktu. Sebagai contoh uranium-235 yang meluruh menjadi separuhnya dalam 700 juta tahun menjadi Timbal-207. Dengan membandingkan jumlah unsur uranium-235 dan timbal-207 dalam batuan tersebut, usian batuan beku tersebut dapat ditentukan. Penentuan usia radioisotop tidak dapat dipakai langsung pada fosil karena mahluk hidup tidak memuat unsur radioaktif. Untuk menentukan usia fosil, lapisan leleh (batuan gunung berapi) dibawah fosil (sebelum fosil ada) dan diatasnya (setelah makhluk mati) yang diperiksa.

4. Memakai fosil penunjuk : Dengan petunjuk fosil yang ditemukan perdampingandengan fosil yang dicari dan fosil penunjuk sudah diketahui perkiraan usianya.


Sebenarnya banyak lagi cara yang bisa di gunakan, namun untuk kali ini saya hanya bisa share 4 cara dulu teman-teman. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

0 Response to "4 Cara Mengetahui Usia Fosil yang Harus Kamu Tahu!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel